Jumat, 04 Februari 2011

Pemakaian Laporan Keuangan


Banyak pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan. Pemilik dan calon pemilik perusahaan perlu mengetahui keadaan perusahaan serta prospeknya dimasa mendatang. Bagi pemilik untuk memutuskan apakah ia akan tetap mempertahankan kepemilikannya di perusahaan itu, atau menjualnya dan menanamkan modalnya di tempat lain. Bagi calon pemilik, untuk memutuskan apakah ia akan menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut.


Pihak juga ingin mengetahui perkembangan perusahaan, setelah pinjaman diberikan. Ia harus selalu menilai kemampuan perusahaan untuk mengembalikan pinjamannya untuk memutuskan pemberian tambahan pinjaman atau menarik pinjaman yang telah diberikan. Bagi calon kreditur, laporan keuangan perusahaan dapat digunakan untuk menilai risiko yang akan terjadi sebelum pinjaman diputuskan untuk diberikan. Kantor pajak juga berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan. Untuk memriksa kebenaran jumlah pajak yang dilaporkan, pihak pajak akan banyak menggunakan laporan keuangan yang disertahkan oleh perusahaan.

Pihak yang sangat tergantung dan paling banyak berhubungan dengan laporan keuangan adalah manajemen perusahaan sendiri. Bagi manajemen laporan keuangan digunakan sebagai alat pertanggungjawaban kepada pihak-pihak luar yang telah mempercayakan pengelolaan perusahaan kepadanya. Di samping itu laporan keuangan juga banyak digunakan dalam proses pengambilan keputusan

0 komentar:

Poskan Komentar